Makalah Upaya Meminimalkan Dampak Global Warming

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Sebagian dari dampak pemanasan global adalah bertambah tingginya permukaan air laut yang sangat mungkin membuat beberapa daerah pesisir akan tenggelam dan banyak pulau kecil yang menghilang dari peta. Perhatian dan tuntunan terhadap kwalitas lingkungan hidup semakin meningkat tidak hanya di negara maju, tetapi juga di negara-negara yang sedang berkembang tuntunan ini muncul, karena semakin meningkatnya taraf hidup masyarakat kerena kualitas lingkungan hidup itu sendiri telah semakin memburuk. Sebagai contoh adalah adanya kesulitan yang timbul / dalam mencair air bersih, udara yang bersih maupun cuaca yang nyaman.

Pemanasan global terjadi dimana-mana, yaitu bahwa temperatur di bumi terasa semakin panas yang disebabkan semakin meningkatnya gas-gas rumah kaca diatmosfer yang sumber terbesarnya adalah pengunaan bahan bakar fosil. Fakta-fakta diatas telah menuntun kita untuk bertindak lebih bijaksana dalam memenuhi segala kebutuhan dengn maksud untk menurunkan limbah atau pencemaran yang dihasilkan, maupun melaksanakan proses daur ulang termasuk menggunakan limbah menjadi masukan untuk jenis produksi yang lain. Selain itu teknologi baru dituntut untuk lebih efisien dengan mengunakan masukan sumber daya alam yang sekecil produksi yang meningkat.
Untuk memenuhi harapan tersebut tentunya diperlukan adanya ahli-ahli lingkungan hidup dan ekologi yang memiliki reputasi yang baik disegi kopetensi dan integritas yang dapat membantu untuk tetap menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan tersebut.

B. Rumusan Masalah
Dalam karya tulis ini, penulis mengajukan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apa pengertian pemanasan global ?
2. Apa penyebab pemanasan global ?
3. Bagaimana upaya meminimalkan pemanasan global ?

C. Tujuan penulisan
Adapun adanya tujuan penulisan karya tulis ini adalah :
1. Untuk mengetahui pengertian pemanasan global
2. Untuk mengetahui penyebab pemanasan global
3. Meminimalkan dampak pemanasan global

D. Manfaat Penelitian
Karya tulis ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya :
1. Bagi Lembaga SMAN 1 Kedamean
Penulisan karya tulis ini diharapkan dapat memberikan masukan informasi dalam rangka pembagian ilmu pengetahuan sekaligus menambah perbendaharaan bacaan di perpustakaan sekolah.


2. Bagi Lembaga Masyarakat
Karya tulis ini diharapkan dapat memberitahukan pengetahuan yang lebih luas terutama mengenai pemanasan global dan pemanfaatannya bisa mendorng terjadinya kesadaran untuk turut meminimalkan dampak pemanasan global.

E. Metode Penulisan
Karya tulis ini tentunya dibuat dengan berbagai macam metode, diantaranya adalah :
1. Metode Pengumpulan Data
Untuk mendapatkan data dalam karya tulis ini, penulis menggunakan metode kepustakaan sebagai teori dalam permasalahan. Bahan keputusan ini di gunakan untuk memperoleh informasi pemanasan global tentang permasalahan serta menambah wawasan mengenai konsep dan materi. Observasi dengan mendapatkan data di waktu stady tour SMAN 1 Kedamean.

2. Metode Pengolahan Data
Untuk mengolah data yang berkumpul, penulis menggunakan teknik analisis kompilasi, yaitu mengumpulkan data – data dari berbagai macam sumber,kemudian ditarik kesimpulan.



F. Sistematika Penulisan
Dalam penulisan dan penyusunan karya tulis ini, penulis memberikan sistematika seperti di bawah, yaitu untuk mempermudah langkah – langkah yang penulis tempuh.
Adapun sistematika yang penulis buat adalah sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Manfaat Penulisan
E. Metode penulisan
F. Sistematika Penulisan
BAB II : PEMBAHASAN
A. Pengertian pemanasan global
B. Apa penyebab pemanasan global
C. Bagaimana upaya meminimalkan pemanasan global
BAB III : PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran – saran
DAFTAR PUSTAKA




BAB II
PEMBAHASAN



A. Pengertian Pemanasan Global
Pemanasan global adalah suatu istilah yang menunjukkan adanya kenaikan rata-rata temperatur bumi, yang kemudian menyebabkan perubahan iklim. Bumi yang lebih hangat dapat menyebabkan perubahan sirklus hujan, kenaikan permukaan air laut, dan beragam dampak pada tanaman, kehidupan liar, dan manusia.
Mungkin sulit untuk dibayangkan bagaimana manusia dapat menyebabkan perubahan pada iklim bumi. Namun, para ahli sepakat bahwa ulah manusialah yang memacu besarnya jumlah gas rumah kaca dilepaskan keatmosfir bumi dan menyebabkan bumi menjadi lebih panas.

B. Penyebab Pemanasan Global


selanjutnya anda bisa menghubungi kami via email 

Related Post



1 komentar: