Vierus Dalam Kehidupan Kita

BAB I
PENDAHULUAN




1.1. Latar Belakang

Adanya penyakit menyebabkan kami mencari tahu tentang penyebab penyakit, dan upaya mencegah tertularnya penyakit tersebut, serta cara pengobatannya. Kemampuan kami itu merupakan anugerah tuhan yang wajib kami syukuri.
Apa yang kami pikirkan dari munculnya penyakit tersebut ?, tentu kami ingin mengetahui penyebab penyakit tersebut dan cara menanggulanginya. Beberapa ahli penelitian dan menyatakan penyakit flu burung disebabkan oleh virus. Pada bab ini kami sudah mengetahui bahwa virus memiliki golongan sendiri yang sering dikenal sebagai “ The Invisible Kingdom “ atau sebagai kerajaan yang tak terlihat. Hal itu dikarenakan virus merupakan makhluk hidup sangat kecil yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang. Untuk mengetahuinya kami akan melakukan penelitian ini.

1.2. Rumusan Masalah

Masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan ( dipecahkan ).Pada kesempatan kali ini kami menemukan berbagai masalah ketika kami mengamati keadaan lingkungan, seperti yang kami lihat, virus kebanyakan bersifat merugikan. Karena jenis – jenis virus yang berbeda yang menginfeksi dan menyebabkan berbagai penyakit pada tumbuhan hewan dan manusia.
Oleh karena itu timbullah pertanyaan dari hati kami, sehingga tercipta suatu masalah. Apakah sebenarnya virus itu? , bagaimana cara hidup virus?, Apakah peranan virus dalam kehidupan manusia?, Bagaimanakah cara – cara reproduksi virus?. Dengan adanya pertanyaan itu tertariklah kami untuk melakukan penelitian ilmiah ini.

1.3. Tujuan Penelitian
Pada bab ini kami akan mempelajari tentang virus. Dengan mempelajari materi ini diharapkan kami untuk mampu :
a. Mendiskripsikan ciri – ciri virus dan rekaplikasinya.
b. Mengetahui peranan virus dalam kehidupan
c. Mengembangkan keingintahuan
d. Berpendapat secara ilmiah dan kritis
e. Melakukan kegiatan yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan.

1.4. Manfaat Penelitian
Adanya penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi kita yaitu sebagai berikut :
a. Kita dapat mendiskripsikan ciri – ciri virus
b. Kita dapat mengetahui peranan virus dalam kehidupan manusia
c. Kita dapat mengerti bagaimana virus itu hidup
d. Memudahkan kita dalam menghindari virus dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

1.5. Definisi Operasional
Virus dikenal sebagai “ The Invisible Kingdom ” yaitu sebagai kerajaan yang tak dapat diamati dengan mata telanjang dan sangat banyak jumlahnya. Virus merupakan garis batas antara hidup dan tak hidup, apabila didalam sel hidup maka sebagai makhluk hidup . tetapi jika berada diluar sel hidup, sebagai makhluk tak hidup.
Jadi virus adalah partikel yang berukuran sangat kecil yang dapat menginfeksi hampir semua jenis makhluk hidup. Kita tidak dapat melihat virus dengan mata telanjang, tetapi harus menggunakan mikroskop electron, karena ukurannya sangat mikroskopik. Virus mempunyai ukuran sekitar 20 – 30 nanometer ( nm ). 1 nm = 1 / 1.000.000.000 meter. Ukurannya rata – rata 50 kali lebih kecil dari bakteri.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Virus
Virus adalah partikel yang berukuran kecil, yang dapat menginfeksi hampir semua makhluk hidup. Istilah virus memiliki arti racun. Keberadaan virus mempunyai dua frase, yaitu di dalam sel – sel hidup dan satu diluar sel – sel hidup. Diluar Inangnya virus mempunyai ciri tersendiri yaitu mempunyai pertikel sangat kecil, yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron.
Mereka memperbanyak diri hanya didalam sel – sel hewan, tumbuh – tumbuhan dan mikroorganisme lain. Dengan demikian depat dikatakan virus sebagai ‘ Parasit Obligat ’.

2.2. Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia
Seperti yang kita lihat, virus kebanyakan bersifat merugikan. Karena jenis – jenis virus yang berbeda yang menginfeksi dan menyebabkan berbagai penyakit pada tumbuhan, hewan dan manusia. Akan tetapi dengan kelebihannya, manusia dapat menemukan virus yang dapat dimanfaatkan. Berikut ini dapat diuraikan contoh – contoh virus yang menguntungkan dan merugikan.

2.2.1. Virus Yang Menguntungkan.
DNA merupakan materi genetic yang membawa sifat suatu mahkluk hidup. Apabila DNA berubah , maka sifatnya juga akan berubah. Dengan demikian virus yang menginfeksi bakteri pertama akan memiliki sifat dari bakteri tersebut. Peristiwa itu dapat dimanfaatkan untuk kegiatan – kegiatan sebagai berikut.
a. Pembuatan anti toksin
b. Untuk melemahkan bakteri
c. Untuk memproduksi Vaksin

2.2.2 Virus Yang Merugikan.


selanjutnya anda bisa menghubungi kami via email 

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar